Beranda > IT > Tips agar Notebook/ Laptop anda menjadi lebih Awet.

Tips agar Notebook/ Laptop anda menjadi lebih Awet.

notebook laptop

Notebook atau biasa juga di sebut laptop, saat ini sudah menjadi bagian dari keseharian kita, entah untuk bekerja, komunikasi, dan lain sebagainya. dan pastinya dengan andanya laptop kita bisa lebih flexible dalam menggunkan komputer.

Dan dibalik sisi baik dari notebook di atas, ternyata notebook lebih rawan rusak dari pada Komputer Desktop. dan pastinya untuk memperbaikinya di butuhkan biaya yang bisa dibilang tidak lah murah.

Pada kesempatan ini saya mencoba untuk berbagi tips agar menjaga notebook adan menjadi lebih awet.

1. Istirahatkan Notebook anda.

Notebook bekerja karena adanya Hardware dan software ( klo itu semua juga sudah tahu kang hehe..:) ) . Mungakin karena keasikan, atau di desak pekerjaan kadang kita lupa untuk meng istirahatkan Notebook kita. Padahal bila pemakaian Notebook dalam keadaan ON terus…hardware pada notebook kita akan menimbulkan panas, baik dari processor atau pun komponent2 lainnya. dan panas pasti berpengaruh pada setiap komponent elektronika. ( memang sih dari pabrik  pun sudah di berikan batas2 temperatur dari setiap komponent). seperti kinerja semakin lambat, overheat, bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada komponent. oleh karena itu sekedar saran saja ada baiknya notebook anda di istirahatkan 10-15menit lah seteleh pemakaian sekitar 4 jam. klo di kantor mungkin pas anda istirahat makan siang… biarkan notebook anda menghirup udara segar…hehe… jadi begitu mulai bekerja lagi sudah sama2 fresh tuh..:)

2. Bersihkan Fan Processor secara berkala.

Fan Processor adalah alat pendingin yang paling vital dalam sebuah notebook/ laptop. karena udara yang masuk kedalam ventilasi Notebook bercampur debu, sedikit demi sedikit debu2 tersebut akan berkumpul dan menyumbat lobang ventilasi notebook anda. bila sudah tersumbat maka pendinginan tidak akan masksimal, kinerja notebook akan semakin lambat. dan sering juga kejadian saat notebook kita pakai tiba2 mati sendiri(mendadak) kadang hal itu di sebabkan processor yang overheat. mungkin 6 bulan sekalilah bersihkan fan prosesor notebook anda

3. Hindarkan dari tempat yang lembab.
Notebook yang sudah lama di pakai pasti banyak debu yang bertumpuk di sela-sela mainborad. dan apabila kita sering menyimpan notebook kita di tempat lembab, di takutkan akan terjadi pengembunan yang bercampur dengan debu. dan unsur air adalah konduktor bagi arus listrik. bila di main board kita ada unsur air(basah karena pengembunan) maka resiko terjadinya konslet atau basa gaulnya shorted akan sangat besar. dan pastinya membuat notebook anda bermasalah.

4.Ganti Baterai bios Notebook secara anda berkala.

batrai bios terbuat dari bahan kimia, ang bila telah rusak akan mengeluarkan cairan. dan cairan ini dapat menebabkan korosi pada jalur tembaga di PCB(main board) dan lama kelamaan akan menyebabkan putusnya jalur di mainboard. hal ini  banyak terjadi di laptop lama seperti laptop dengan processor PIII dan P4, untuk notebook-notebook terbaru mungkin sudah menggunakan baterai bios yang lebih baik kualitasnya. tapi nggak ada salahnya kan  sedia payung sebelum hujan  :) .

bersambng…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: